Cara Mengatasi SIM Card Yang Tidak Terdeteksi di Smartphone Xiaomi

Xiaomi merupakan salah satu smartphone yang paling populer saat ini di Indonesia, bahkan sangking populer dan terkenalnya Xiaomi sudah di...

Thursday, January 10, 2019

PENGERTIAN PROCESSOR PADA HP ANDROID


Dalam artikel ini kita akan menyimak pembahasan tentang prosesor agar kita lebih memahami kegunaan prosesor dan fungsinya



Selama ini tidak semua konsumen mengerti atau memahami apa itu yang di sebut dengan prosesor dalam smartphone. Prosesor hp ada beberapa pilihan, yaitu dual-core, quad-core, dan octa-core.
Pada waktu mau membeli tablet atau hp baru, pasti  kita akan mengacek yang paling utama yaitu membaca spesifikasi perangkat tersebut  terlebih dahulu. yang paling jadi sorotannya adalah prosesor yang dipakai perangkat.

Di sini  kita  bakal menemukan spesifikasi prosesor dual-core, quad-core, dan octa-core. Dual berarti dua, quad setara empat, serta octa berarti delapan.Nah, kita pasti akan memilih core yang paling atas karena kinerjanya pasti lebih bagus.

Tapi sebelum mengambil keputusan kita harus mengerti dan memahami dulu istilah-istilah pada Smartphone. Setidaknya dengan memahami pengertian dari istilah-istilah yang ada,  kita  bisa memilih handphone yang sangatlah tepat, baik dalam urusan fitur maupun harga.


Apa itu Prosesor ?
Sebelum mengulas lebih jauh terkait core, sangat baik apabila kami mengawali dari pembahasan seputar prosesor pada smarphone. untuk lebih memahami, smartphone kita  di ibaratkan saja sebagai sebuah komputer, maka prosesor itu  bisa dikatakan sebagai CPU-nya (Central Processing Unit).
Contoh Model Prosesor CPU seperti  Qualcom Snapdragon, Nvidia, Tegra, OMAP 3, Exynos, Cortex-A9 dan lain-lain.


Dengan kata lain, prosesor Smartphone adalah engine utama yang menjalankan seluruh sistem operasi serta software yang ada didalam handphone. Mulai dari panggilan, mengirim pesan, memutar musik, sampai merekam suara semuanya dijalankan lewat prosesor.

Seiring perkembangan zaman, aplikasi terus berkembang, maka kinerja smartphone semakin berat dan butuh prosesor yang sesuai. seperti bermain game, menjalankan GPS, menjalankan beragam software, media sosial, serta melihat video Straiming dengan resolusi HD dan lain sebagainya.Pada  Intinya prosesor adalah otak dari smartphone anda.




Apa itu Core Pada Prosesor CPU Smartphone?

Prosesor Smartphone sesungguhnya terdiri dari berbagai tahap.Tahap satu bernama core. Perangkat yang satu ini berfungsi dalam membaca aba-aba yang user berbagi serta sekaligus menjalankan perintah tersebut.

Contohnya pada saat  kita menekan tombol kirim pesan atau data pada Samrtphone. saat itulah core akan bekerja  membaca perintah yang telah diberikan dan setelah siap dengan perintahnya, core akan melakukan pengiriman pesannya untuk kita.

Pada dasarnya ponsel hanya memiliki single-core. dengan perkembangan dunia digital, akhirnya muncul dual-core. kemudian di upgrade ke  quad-core, hexa-core, hingga yang paling baru octa-core.

Untuk lebih sederhananya, Dual-core berarti ponsel memiliki dua buah single-core. Quad-core bisa berarti Anda memiliki 4 buah single-core atau 2 buah dual-core. Begitu selanjutnya hingga core yang paling tinggi. Dengan jumlah core pada prosesor hp yang lebih banyak, berarti ponsel Anda memiliki kemampuan yang lebih tinggi untuk menjalankan beberapa aplikasi bersamaan secara lebih baik atau di sebut dengan multi-tasking.

Smartphone yang menggunakan prosesor octa-core  sangat jarang bisa memakai kedelapan core-nya dengan cara bersamaan. Apabila pekerjaan pada Smartphone hanya untuk mengirim chat, membuka website web, mengambil gambar, bermain Instagram, serta membuka media lain-lainnya. namun bila membuka aplikasi yang besar maka akan di fungsikan lebih dari satu core. 

Itupun tak bakal melibatkan kedelapan core prosesor dengan cara sekaligus. Maka dari itu mengukur kecepatan sebuah Smartphone dengan hanya membandingkan core prosesornya adalah sebuah kesalahan.

Dengan penjelasan di atas, jelas bahwa prosesor hp octa-core pun belum pasti lebih cepat daripada quad-core. Sebab untuk meperbuat pekerjaan seperti membuka WhatsApp sambil menyetel pemutar musik keduanya hanya bakal memakai 2 core saja.


Apa Gunanya Ada Quad-core, Octa-core, dan Hexa-core?

Jumlah core yang lebih tak sedikit pada prosesor hp pada dasarnya diperuntukkan untuk membikin hp berlangsung stabil ketika menjalankan software-software yang lebih bervariasi. Umpama untuk memainkan video games dengan nilai grafik mumpuni, memainkan video resolusi tinggi, atau video call dengan gambar yang lebih tajam serta jernih.

Dengan jumlah core yang terus tak sedikit, aktivitas seperti ini bakal dipusatkan di core tertentu jadi tak bakal terlalu membebani kinerja handphone Anda.

Hasilnya pemakaian baterai handphone pun menjadi lebih manjur. Jadi bisa dikatakan bahwa jumlah core yang terus tinggi pada prosesor hp hanya berkaitan dengan efisiensi kerja, bukan pada kecepatan handphone.

Untuk handphone dipakai  sekadar bermain media sosial, mendengarkan musik, browsing, serta menyetel video non-HD. Maka hp dengan prosesor dual-core merupakan pilahan yang cocok bagi anda. Sebab tak sedikit aktivitas para pemakai hp hanya memerlukan kinerja dari dual core saja. tetapi apabila  memakai handphone untuk melihat video HD, video call, streaming musik/video, alias memainkan game dengan nilai grafik yang tinggi , pastinya akan membutuhkan prosesor hp quad-core atau yang lebih tinggi.

Jumlah core bukan berkaitan dengan kecepatan, tapi berkaitan dengan efisiensi kerjanya saja. Core yang lebih banyak akan memakan daya baterai yang banyak juga.Jika memilih prosesor smartphone octa-core maka kapasitas baterai harus sesuai dengan corenya juga setidaknya 4000 mAh sudah cocok. Tetapi apabila kapasitas baterai handphone tersebut di bawah 4000 mAh, pasti prosesot hp dengan prosesor quad-core adalah pilhan yang pas.


PENGERTIAN PROCESSOR PADA HP ANDROID Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mutiara Fajarina Saliha

0 comments:

Post a Comment

Disclaimer: Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.